SLiMS Trik Mengaktifkan Captha , Anti Spam

SLiMS dapat diinstalasi / diakses secara lokal pada tunggal komputer , bahkan dapat juga diakses secara jaringan komputer LAN , dan akses global WWW.

Jika SLiMS digunakan perpustakaan secra local (localhost) aman tenang damai sejahtera 🙂 upsss

Coba bayangkan jika SLiMS digunakan perpustakaan secara LAN atau bahkan WWW , harus extra ketat, Sebab ada ulah usil dari spamer yang mau membuat down server SLiMS sehingga SLiMS gak bisa diakses 😦 wadupppp seremmmmm

SLiMS Trick - Capctha

SLiMS Trick - Capctha

Maka diperlukan CAPTCHA .Captcha adalah suatu bentuk uji tantangan-tanggapan (challange-response test) yang digunakan dalam perkomputeran untuk memastikan bahwa jawaban tidak dihasilkan oleh suatu komputer. Proses ini biasanya melibatkan suatu komputer (server) yang meminta seorang pengguna untuk menyelesaikan suatu uji sederhana yang dapat dihasilkan dan dinilai oleh komputer tersebut. Karena komputer lain tidak dapat memecahkan CAPTCHA, pengguna manapun yang dapat memberikan jawaban yang benar akan dianggap sebagai manusia.

Yuuk kita seting Capchta biar Server SLiMS aman (tutorial ini saya praktekan dalam komputer LAN )

0) Pastikan anda udah nginstall Notepad ++ ,buat editing teks konfigurasi

1) Bukalah File sysconfig.inc.php , letak file ini ada di Drive:\xampp\htdocs\slim , langsung saja klik kanan , Edit with Notepad ++

SLiMS Trick - Edit FIle sysconfig.inc.php

SLiMS Trick - Edit FIle sysconfig.inc.php

2a) Terbukalah sysconfig.inc.php dalam Notepad ++ , Perhatikan baris 383 – 398 . Secara default

seting $sysconf[‘captcha’][‘smc’][‘enable’] = false (baris 386)

$sysconf[‘captcha’][‘member’][‘enable’] = false (baris 393)

ini menandakan capctha login ; pustakawan dan juga login anggota dalam keadaan mati

SLiMS Trick - Capctha Seting Masih Off / false

SLiMS Trick - Capctha Seting Masih Off / false

3a) Untuk mengaktifkan nya ubah lahmenjadi true

seting $sysconf[‘captcha’][‘smc’][‘enable’] = true (baris 386)

$sysconf[‘captcha’][‘member’][‘enable’] = true (baris 393)

SLiMS Trick - Capctha Seting true

SLiMS Trick - Capctha Seting true

4a) Simpan sysconfig.inc.php , klik file , save

5) Buka browser coba buka laman login pustakawn dan juga login anggota 🙂

wah sekarang udah ada captcha , sekarang robot spammer yang mau login kagak bisa

SLiMS Trick - Mengaktifkan Capctha - Laman Login Pustakawan

SLiMS Trick - Mengaktifkan Capctha - Laman Login Pustakawan

SLiMS Trick - Mengaktifkan Captcha - Laman Login Anggota

SLiMS Trick - Mengaktifkan Captcha - Laman Login Anggota

Lha Kalau sudah di hosting di Webhosting bagaimana cara nya ?

1) Login ke FTP anda ,bisa pakai net2ftp via browser atau FTPclient

2) Kemudian editllah file sysconfig.inc.php

3) Editlah seperti langkah diatas (langkah 2a sampai 4a)

4) Setelah file sysconfig.inc.php sudah diedit , lihat Situs SLiMS lewat browser, lihat hasil nya ada captcha nya kan ? 🙂

Mudah bgtsssss

Posting Terkait

> Install SLiMS bisa diakses Secara LAN

https://desawarna.wordpress.com/2011/12/24/install-senayan-slims-bisa-diakses-secara-lan/

> Mengenal FTP , FTPclient software

https://desawarna.wordpress.com/2012/01/13/mengenal-ftp-software-ftp-upload-web-server/

Pertanyaan , saran , silahkan masukkan ke komentar

desawarna


Iklan
Tinggalkan komentar

2 Komentar

  1. wardiyono

     /  18 Januari 2012

    Ngga ada file sisconfig.inc.php tuh…
    Adanya sysconfig.inc.php

    Balas
    • Desawarna

       /  19 Januari 2012

      He he malu aku 😦
      iya mas sysconfig.inc.php
      maklum pas ngetik aku sam,bil makan soto
      terima kasih atas ralat nya 😀

      Balas

Kasih komentar , pendapat , saran ya sobat :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: