Tutorial Instalasi OJS di Windows

OJS adalah perangkat lunak riset manajemen sistem berbasis open source tersedia secara gratis bagi jurnal di seluruh dunia untuk tujuan membuat akses terbuka penerbitan pilihan yang layak untuk jurnal yang lebih, karena akses terbuka dapat meningkatkan pembaca sebuah jurnal serta kontribusinya terhadap kepentingan publik pada skala global

http://pkp.sfu.ca/?q=ojs

OJS dibuat oleh komunitas Public Knowledge Project didedikasikan untuk meningkatkan kualitas ilmiah dan masyarakat penelitian. Ini beroperasi melalui kemitraan antara Fakultas Pendidikan di University of British Columbia, Simon Fraser University Perpustakaan, Sekolah Pendidikan di Stanford University, dan Pusat Studi di Kanada untuk Penerbitan di Simon Fraser University.

http://pkp.sfu.ca/about

Setelah bertele-tele mari kita coba install OJS di komputer local 🙂

1) Pra instalasi : Download XAMPP dulu ya 🙂 kemudian install XAMPP di komputer kamu. Kamu pasti bisa . Di tutorial ini aku gak ngebahas cara nginstall XAMPP aku yakin kamu udah bisa

2) Download paketan OJS di http://pkp.sfu.ca/ojs_download

Download OJS - PKP

Download OJS - PKP

3) setelah terdownload , extract paketan OJS ke folder htdocs

C:\xampp\htdocs (dimana kamu menginstal XAMPP)

Install OJS - Exctraksi paket

Install OJS - Exctraksi paket

Lebih jelas nya lihat gambar 😦

Instalasi OJS - Extraksi paketan OJS ke C:\xampp\htdocs

Instalasi OJS - Extraksi paketan OJS ke C:\xampp\htdocs

4) Agar lebih mudah dalam pemanggilan di browser , ubah nama folder OJS 2.3.6 menjadi ojs

Installasi OJS - Ubah nama folder

Installasi OJS - Ubah nama folder

(hal ini dilakukan agar waktu pemanggilan OJS di browser tnggal ketik localhost/ojs )

5) Buatlah folder baru , dengan nama folder files , di C:\xampp\htdocs\ojs

lihat gambar 🙂 folder files ini berfungsi untuk menampung file OJS

Instalasi OJS - Buat folder files

Instalasi OJS - Buat folder files

6) Buka browser , mozilla firefox. Pada URL bar ketik localhost/phpmyadmin.

klik Hak Akses

Instalasi OJS - Create User Khusus Pengakses OJS

Instalasi OJS - Create User Khusus Pengakses OJS

Klik > Menambahkan Pengguna baru

Instalasi OJS - Menambahkan User Baru

Instalasi OJS - Menambahkan User Baru

Isi formulir nya, ditutorial ini aku , membuat

username : ojs ,

host: localhost

paswod: ojs

Instalasi OJS - Isi Formulir Menambahkan Pengguna Baru

Instalasi OJS - Isi Formulir Menambahkan Pengguna Baru

kalau sudah klik Membuat Pengguna

7) Di URL bar firefox, ketik localhost/ojs , tekan Enter

Instalasi OJS - localhost / ojs

Instalasi OJS - localhost / ojs

dalam tampilan pertama ada formulir yang harus kamu isi/konfigurasi untuk memulai instalasi

Instalasi OJS - 1

Instalasi OJS - 1

Pada primary locale : pilih English

Pada Additional locales : centang saja Englsh

Instalasi OJS - 2

Instalasi OJS - 2

Pada Client Character Set , Conection Character Set , Database Character Set  pilih

Centang pada kotak cek Do Not create required subdirectoties

Instalasi OJS - 3

Instalasi OJS - 3

pada Security Settings pilih MD5

Administrator Account

> Username : ojs

> paswod : ojs

Instalasi OJS - 4

Instalasi OJS - 4

Database Setings

Database Driver : My SQL

Host : localhost

Username : ojs

Database Name : ojs

Password : ojs

centang create new database

setelah itu klik Install Open Journal Systems

Instalasi OJS - Sukses

Instalasi OJS - Sukses

Selamat ya 🙂 kamu berhasil nginstal OJS

Coba login, pakai username ; ojs

paswod ; ojs, klik login

Instalasi OJS - coba login ojs

Instalasi OJS - coba login ojs

tampilan admin

Instalasi OJS - admin

Instalasi OJS - admin

Tinggalkan komentar

17 Komentar

  1. muhammad kadir

     /  7 Januari 2012

    TERIMA KASIH TUTORIAL INI YG AKU CARI…..
    UNTUKMENG ONLINE KAN JURNAL KAMI..

    MAAF SAYA BUKAN SEORANG AHLI KOMPUTER…
    BISA KAH ANDA MEMANDU SAYA UNTUK MENGONLINEKAN SELANJUTNYA SETELAH OJS DIISI SEMPURNA…
    – DIMANA KONDISI SAYA TELAH MEMBELI DOMAIN .com DAN MENYEWA WEB HOSTING..

    BIASANYA SETELAH SEMUA FILE SAYA UPLOAD Ke RUANG WEBHOSTING mlalui cPANEL… pengaturan settingnya yang saya tak paham.. sehingga nantinya org tinggal mengetik http://www.XXXXXX.com di firefox untuk membukanya..

    terima kasih

    Balas
  2. muhammad kadir

     /  15 Januari 2012

    sudah saya buka Mas.. terima kasih informasi yg sangat membantu.. Saat ini saya masih sedang membimbing rekan2 yg akan bersama saya mengelola web OJS Jurnal kami… Oh ya kalau tidak mengganggu apa Mas Desa punya semacam panduan ringkas saja mengenai ” Mengonline kan atau menginput File atau arsip Jurnal yang sudah lama (EDISI SEBELUMNYA) (Issue nomor lama ) yang masih merupakan EDISI CETAK. Semua File nya sudah di pdf kan. Per Edisi.” dalam OJS artinya langsung di upload ke issue tanpa melalui editing lagi.

    Balas
  3. Moch.Imam

     /  21 Januari 2012

    salam kenal, saya juga mau menerbitkan jurnal saya dan teman2 tetapi tidak punya website gimana caranya supaya jurnal saya dan teman2 di koneksikan dengan website garuda.dikti mohon petunjuknya kalau bisa tutorial diatas dapat di download dikirimkan ke email saya terima kasih…..

    Balas
    • Desawarna

       /  22 Januari 2012

      Website garuda Menyediakan layanan dan akses global ke sumber informasi bagi ilmuwan dan peneliti untuk mewujudkan lingkungan akademik yang sehat dan memikat.
      Jadi Website Garuda adalah PORTAL SAJA , semacam mesin pencari
      Agar jurnal Mas Imam bisa diakses khalayak dan juga terindeks di Portal Garuda :
      1) Anda sebagai kontributor jurnal harus terdaftar di situs jurnal kampus / perpustakaan digital, dan tentu nya juga mempunyai jurnal di dalam nya
      2) Situs jurnal memiliki URL , www
      3) Perpustakaan digital didaftarkan ke portal garuda
      selengkap nya bisa baca di http://garuda.dikti.go.id/jurnal/panduanKontributor

      hubungi
      – mailing list : jurnal-dikti@googlegroups.com
      – e-mail : mariyah@ui.ac.id, atau luki_w@ui.ac.id
      – telp : 0812 8522 568 (Mariyah)
      0818 840 373 (Luki Wijayanti)

      Balas
  4. halo salam kenal desa warna
    saya punya problem pada saat menginstal OJS, saya install OJS melalui softtacaulus Apps Installer yang disediakan CPANEL hosting yang saya sewa..namun setelah diinstal OJS tidak muncul/ blank..apakah ada kesalahan dalam penginstalan OJS ini..terima kasih

    Balas
  5. Mantab. Saya juga sudah update OJS di http://www.prakom.lipi.go.id/ojs

    Balas
    • Desawarna

       /  2 Juni 2012

      Wah keren , OJS nya Pak Tutang langsung cakep ganti tema
      Aku suka 😀

      Balas
  6. fanny

     /  5 Juni 2012

    pada saat instalasi saya menemukan error : A database error has occurred: Access denied for user ‘ojs’@’localhost’ to database ‘ojs’
    bagaimana penanganan error tersebut pak…??

    Balas
    • Desawarna

       /  8 Juni 2012

      Pada saat membuat user data base apakah sudah diberikan ” berikan semua hak akses “
      Solusi nya buat lagi user database pengakses database OJS , pastikan sudah di berikan hak akses penuh

      Balas
  7. Ini yang saya cari … Artikel nya sangat membantu Mas ..
    Saya baru mulai mempelajari OJS…
    Nanti saya tanya” disini kalo ada kendala. Ya Mas Desawarna

    Balas
  8. Wah ternyata sudah ada versi Indo nya …
    Semoga bisa lebih mudah mempelajarinya 🙂
    Terimakasi pak Zae Makhrus …

    Balas

Kasih komentar , pendapat , saran ya sobat :)

